Blog Seputar : Blogger | Tips dan Trick | Internet| Komputer | Software

June 26, 2013

Penyebab Monitor LCD Muncul Gambar Garis

Penyebab Monitor LCD Muncul Gambar Garis

Kerusakan yang sering ditemui pada LCD monitor atau laptop apabila sudah menginjak umur pemakaian yang lama adalah rusak pada bagian LCD screen. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena pada umumnya usia pemakaian layar LCD hanya berkisar antara 2 tahunan. Setelah masa tersebut, maka wajar apabila LCD mengalami kerusakan.

Gejala kerusakan yang dapat ditemukan pada layar meliputi garis putih bergerak, garis vertikal atau horizontal, dan garis berupa warna-warna yang disertai bercak hitam. Indikasi dari kerusakan di layar tersebut secara tidak langsung memberitahu kita kalau layar LCD yang mengalami masalah, meskipun ada kasus tertentu yang kelihatannya rusak bagian LCD namun ternyata justru bagian lain yang mengalami kerusakan. Dulu saya juga sudah pernah menuliss tentang kerusakan garis pada LCD yaitu pada artikel penyebab monitor LCD muncul gambar garis.

Ok, kita akan membahas satu persatu tentang garis yang timbul pada layar monitor atau LCD notebook. Sekarang kita lihat dahulu bagaimana kalau suatu laptop mengalami masalah muncul garis-garis vertikal, yang umumnya garis ini berwarna hitam atau agak bening.

Kemungkinan besar kalau yang kelihatan adalah garis vertikal dengan posisi yang tetap atau tidak bergerak, berarti yang mengalami kerusakan adalah bagian LCD screen. Untuk meyakinkan hal tersebut, anda dapat membuka dengan hati-hati bagian LCD. Jangan lupa mencari tempat yang bersih dan bebas debu, karena sedikit saja kotoran yang mengenai bagian dalam LCD, maka akan berakibat bercak pada tampilan layar.

Umumnya yang mengalami kerusakan dari LCD tersebut adalah pada lapisan seperti cermin yang memiliki komponen chip kecil-kecil menempel dibagian tepinya. Lapisan ini disebut lampu latar. Untuk menggantinya, harus mencari tipe LCD sejenis yang memiliki jalur rangkaian yang sama, kalau saya biasanya dengan melakukan kanibal dari LCD lain. Jika kesulitan mencari gantinya, maka jalan satu-satunya adalah mengganti keseluruhan LCD dengan yang baru..

Sumber

Penyebab Monitor LCD Muncul Gambar Garis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yori

2 komentar:

Silahkan berkomentar.
Di mohon untuk tidak menyisipkan LINK AKTIF
Komentar dengan LINK AKTIF akan di anggap SPAM
Jangan spam dan jangan menggunakan kata kata kasar.!
Jadilah pembaca yang baik dan meninggalkan komentar sesuai topik